Tuesday, August 12, 2008

Hentikan Bersumpah!

"Sumpah, demi Tuhan! Aku ga bohong!"
"Sumpah samber gledek! Aku ga tau apa-apa"
"Sumpah mati bukan aku yang ngambil!"

Kalimat-kalimat di atas adalah beberapa kalimat yang diakui atau tidak diakui sering sekali kita dengar dari orang-orang yang ada di lingkungan sekitar kita. Tidak terkecuali anak-anak Tuhan yang sudah lama mengenal Tuhan. Bahkan mungkin diri kita sendiri sering mengucapkan sumpah serapah seperti itu dengan alasan hanya main-main atau tidak sungguh-sungguh mengatakannya.

Firman Tuhan di dalam Yakobus 4:12 dengan jelas mengatakan, "... janganlah kamu bersumpah demi sorga maupun demi bumi atau demi sesuatu yang lain..." Ini berarti bahwa Tuhan melarang kita untuk bersumpah demi apapun. Apalagi bersumpah demi nama Tuhan. Itu adalah hal yang sangat-sangat tidak berkenan di hadapan-Nya. Juga ada beberapa orang yang sering bersumpah demi nyawanya sendiri. Kita harus ingat bahwa nyawa kita ada di tangan Tuhan dan kita tidak berkuasa atas nyawa kita.

Lalu, buat yang sudah terlanjur sering mengucapkan sumpah, apa yang harus dilakukan?

Belajarlah untuk tidak mengatakan sumpah! Dan di ayat 12b ada satu resep yang bisa diterapkan, yaitu jika ya katakan ya, jika tidak katakan tidak. Apabila kita bisa bersikap tegas seperti ini, tentunya orang-orang di sekitar kita akan menjadi respek dan mempercayai ucapan kita tanpa kita harus bersumpah.
 

So? Hentikan bersumpah demi apapun juga mulai sekarang!
GBU :)


No comments: